Pengertian Manajemen Mutu

Pengertian manajemen mutu
Manajemen mutu adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk menjaga tingkat kualitas yang diinginkan oleh perusahaan. Tindakan ini mencakup rangkaian aktivitas lain seperti menentukan standar kualitas, peraturan yang diperlukan, dan aspek lain yang dapat menentukan kualitas produk atau jasa.
Apa manfaat dari manajemen mutu?
Manfaat Manajemen Mutu Memberikan kepuasan kepada para pelanggan sehingga menjaga kepercayaan terhadap perusahaan. Menumbuhkan rasa motivasi di dalam diri karyawan. Meningkatkan standar kerja di dalam perusahaan. Meningkatkan dan menjaga nama baik perusahaan.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan mutu?
Mutu berdasarkan bahasa mutu berarti kualitas, tingkat, derajat, kadar. menjadi suatu konsep, mutu acapkali ditafsirkan dengan beragam definisi, bergantung kepada pihak dan sudut pandang mana konsep itu di persepsikan.
Apa yang kamu ketahui tentang manajemen mutu kerja?
Manajemen mutu merupakan usaha manajerial seperti merencanakan kualitas, mengorganisasi kualitas, menggontrol kualitas, mengendalikan dan mengevaluasi kualitas yang dilakukan oleh setiap fanggota manajemen yang ada dalam organisasi untuk meningkatkan kinerja dalam artian kualitas kerja.
Apa saja komponen utama dalam manajemen mutu?
Komponen utama dalam manajemen mutu adalah quality planning. Quality planning merupakan proses pembuatan standar kualitas dan cara mencapainya. Tanpa quality planning, tidak ada benchmark yang jelas, sehingga bisa saja kualitas yang dihasilkan berbeda-beda.
Sistem manajemen mutu meliputi apa saja?
Menurut standar tersebut, inti dari sistem manajemen mutu meliputi: Adanya kebijakan mutu, perencanaan mutu, sasaran mutu, prosedur kerja, instruksi kerja, dan rekaman mutu. Adanya jaminan bahwa standar manajemen mutu dilaksanakan, dipantau, dievaluasi, dan diperbaiki.
Apa saja 6 tahapan dasar dalam manajemen mutu?
7 Prinsip Dasar Manajemen Mutu
- 1. Fokus Pelanggan (Customer Focus)
- Kepemimpinan (Leadership) ...
- Keterlibatan Orang (Engagement of People) ...
- Pendekatan Proses (Process Approach) ...
- Peningkatan (Improvement) ...
- 6. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Bukti (Evidence-Based Decision Making) ...
- 7. Manajemen Hubungan (Relationship Management)
Langkah langkah dalam manajemen mutu?
Implementasi dan Langkah-Langkah Manajemen Mutu Terpadu (MMT) PAUD Pertiwi
- 1.Melakukan Perbaikan Secara Terus Menerus.
- Menentukan Standar Mutu. ...
- 3.Melakukan Perubahan Kultur. ...
- Merubah Organisasi. ...
- Mempertahankan Hubungan Baik Dengan Pelanggan.
Mengapa suatu perusahaan harus menerapkan manajemen mutu?
Berikut ini tujuan-tujuan penerapan sistem manajemen mutu di perusahaan. Menentukan standar kerja di organisasi maupun badan usaha sehingga mampu membentuk sumber daya yang berkualitas. Memudahkan perusahaan dalam mencapai visi dan misinya. Menambah kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan mutu dan berikan contohnya?
Menurut Crosby yang mengatakan bahwa mutu ialah kesesuaian terhadap persyaratan, misalnya jam tahan air, sepatu yang tahan lama atau dokter yang ahli. Ini merupakan pentingnya melibatkan setiap orang pada proses dalam organisasi.
Apa perbedaan mutu dan kualitas?
Kualitas atau mutu adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu. Istilah ini banyak digunakan dalam dalam bisnis, rekayasa, dan manufaktur dalam kaitannya dengan teknik dan konsep untuk memperbaiki kualitas produk atau jasa yang dihasilkan, seperti Six Sigma, TQM, Kaizen, dll.
Apa yang dimaksud dengan mutu menurut ISO?
Dalam ISO 8402 (Quality Vocabulary) mutu didefinisikan sebagai, "Totalitas dari karakteristik suatu produk yang menunjang kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dispesifikan atau ditetapkan".
Apa tujuan manajemen mutu terpadu?
Tujuan dari penerapan manajemen mutu terpadu dalam suatu sekolah adalah untuk memperbaiki kinerja sumber daya manusia dan mesin, memperbaiki kualitas untuk meningkatkan output, dan secara simultan memberikan kebanggaan atas kecakapan siswa.
Apa yang dimaksud dengan mutu Mengapa mutu itu penting?
Karena mutu itu menentukan kualitas suatu barang , baik atau buruknya dari kualitas suatu barang dapat dilihat dari mutu.
Apa yang dimaksud dengan Sistem Manajemen Mutu dan perannya bagi pertumbuhan perusahaan?
Sistem Manajemen Mutu (SMM) merupakan sebuah kemampuan suatu organisasi dalam menjaga kualitas mutu dari jasa atau barang yang dilayankan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memungkinkan perbaikan yang berkelanjutan.
Apakah tiga unsur utama manajemen mutu jelaskan?
Manajemen ini memiliki 3 komponen utama yaitu pengendalian, jaminan, dan perbaikan kualitas.
Jelaskan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan manajemen mutu?
Ada faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Total Quality Management, yang merupakan komitmen manajemen, keterlibatan majikan, pendidikan, tim-kerjasama, pengukuran kualitas dan mencegah kesalahan dalam pekerjaan. Faktor-faktor tersebut harus diperhatikan oleh Quality Control Circle untuk mencapai tujuan perusahaan.
Manajemen mutu ISO berapa?
ISO 9001:2015 merupakan salah satu framework standar manajemen mutu yang diakui internasional.
Apa yang terjadi jika manajemen mutu tidak diterapkan dalam organisasi atau perusahaan?
Dalam konteks mutu, untuk mempertahankan kepuasan pelanggan, perusahaan biasanya menerapkan sistem jaminan mutu (manajemen mutu). Karena apabila tidak diterapkan maka akan timbul masalah seperti : Kalah dengan kompetitor lain. Tidak ada target dan perencanaan.
Prinsip manajemen mutu ada berapa?
Pada ISO 9001:2008 prinsip manajemen mutu terdiri dari 8 prinsip diantaranya, 1. Costumer Focus, 2. Leadership, 3. Involvement of People, 4. Process Approach, 5. System Approach to management, 6. Continual Improvement, 7. Factual Approach Decision Making, 8. Mutual Benficial Suppliers Relationship.
Post a Comment for "Pengertian Manajemen Mutu"